AMD Radeon RX 6000 Series GPU Terbaik Gaming 2020

AMD Radeon RX 6000 Series GPU Terbaik Gaming 2020

etelah merilis jajaran prosesor lini seri Ryzen 5000 awal bulan Oktober lalu, Advanced Micro Devices (AMD), perusahaan asal California ini ulang merilis produk baru, yang ditujukan khusus untuk gaming. Produk ini, AMD Radeon RX 6000, akan memenuhi jajaran kartu grafis Radeon RX yang pada mulanya diluncurkan untuk perangkat desktop.

AMD Radeon RX 6000 adalah seri yang akan memakai arsitektur RDNA 2, mempunyai peningkatan memadai berarti dari generasi sebelumnya. Dibandingkan RDNA pertama, arsitektur baru selanjutnya bisa memberikan performa hingga dua kali lebih kencang. Dan lebih irit kekuatan hingga 54% (performa per watt) lebih tinggi, berkat pemanfaatan proses fabrikasi 7nm.

Selain peningkatan performa, pemanfaatan arsitektur RDNA 2 terhadap AMD Radeon RX 6000 series termasuk membuatnya sesuai bersama Microsoft DirectX 12 Ultimate API. Perangkat ini diperkenalkan melalui acara perilisan daring, segera oleh sang CEO AMD, Dr. Lisa Su. Ditunjukkan tiga produk utama; Radeon RX 6.

alam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (28/10), ia menyatakan, “kartu grafis terbaru Radeon RX 6800, RX 6800 XT dan RX 6900 XT menghadirkan performa kelas dunia 4K dan 1440p di dalam judul AAA utama, level imersi baru bersama visual yang menakjubkan, dan fitur-fitur yang wajib dimiliki di mana akan beri tambahan pengalaman gaming terbaik. Saya tidak sabar menanti para gamer memperoleh kartu grafis baru yang luar biasa ini di tangan mereka.”
Menjadi varian terbaiknya, Radeon RX 6900 XT memiliki 80 compute units, memori 16GB GDDR6 serta memory interface 256 bit. Ketika sedang digunakan, clockspeed-nya bisa meraih 2,015GHz, pas untuk maksimumnya hingga 2,25GHz (boost clock). Namun yang dianggap akan digunakan lebih banyak orang adalah seri RX 6800 XT.

Keduanya memiliki clockspeed (atau yang biasa AMD sebut bersama “Game Clock”) yang sama, hanya saja menyusut terhadap kuantitas compute units-nya. Untuk yang paling sederhana, hadir Radeon RX 6800 yang memiliki compute units serta clockspeed lebih rendah. Tapi ketiga seri ini tetap menopang AMD Infinity Cache.

Dengan cache 128MB, AMD Infinity Cache bisa mengurangi tingkat latensi dan mengkonsumsi daya. Sementara AMD Smart Access Memory bisa memakai akses ke memori grafis DDR6 lebih maksimal, beri peningkatan performa hingga 13% terhadap gim khusus bersama pengaturan overclocking melalui Rage Mode.
Radeon RX 6000 Series Bakal Hadir November 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *